MATERI KELAS 7
Teknologi Informasi adalah meliputi segala
hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi,
dan pengelolaan informasi
Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang
berkaitan dengan penggunaan alat bantuuntuk memproses dan mentransfer data dari
perangkat yang satu ke lainnya.
Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi
adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian
luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi,
pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media
Contoh teknologi informasi :
-
Computer
Contoh teknologi komunikasi :
-
Surat
kabar
-
Radio
-
Telepon
-
Televise
Alat pengolah data dari sejak zaman purba
sampai saat ini digolongkan ke dalam 4 golongan besar :
Peralatan Manual
→ Peralatan pengolah data yang sangat
sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga
tangan manusia
Peralatan Mekanik
→ Peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang
digerakkan dengan tangan secara menual
Peralatan Mekanik
Elektronik
→ Peralatan mekanik yang digerakkan secara
otomatis oleh motor elektronik
Peralatan Elektronik
→ Peralatan yang bekerjanya secara elektronik
penuh
Beberapa peralatan yang telah digunakan
sebagai alat hitung sebelum ditemukannya komputer :
1. Abacus
Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia
kecil dan masih digunakan di beberpa tempat hingga saat ini, dapat dianggap
sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk
melakukan perhitungan menggunakan biji – bijian geser yang diatur pada sebuah
rak. Para pedagang pada masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi
perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa,
abacus kehilangan popularitasnya.
2. Kakulator Roda Numeric
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662),
yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai
kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya
melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan
Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan
hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh.
Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
3. Kalkulator Roda Numeric 2
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf
Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan
membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik
ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan
gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer.
4. Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan
mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik
Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam
kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan
hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar
membantu membangun era komputasi mekanik.
Perkembangan komputer berdasarkan genersi :
1) Komputer generasi pertama (
1940 – 1959 )
Ciri :
Menggunakan tabung hampa pd
sirkuitnya
Program hanya dibuat dengan
bahasa mesin
Ukuran fisik sangat besar
dan memerlukan tempat luas
Capat panas, perlu mesin
pendingin
Proses lambat
Kapasitas sedikit
Butuh data listrik besar
Aplikasi terbatas
Contoh : ENIAC, Hardvard Mark II, IBM
Selective Electronic Calculator, EDSAC, Hardvard Mark III, ACE, SEC, UNIVAC
2) Komputer generasi kedua (
1959 – 1964 )
Ciri:
Menggunakan trasnsistor
pada sirkuitnya
Ukuran fisik lebih kecil
Menggukana program bahasa
tingkat tinggi : FORTRON, COBOL, ALGOL
Kapasitsa memori cukup
besar
Menggukana simpanan luar
magnetic disMempunyai kemampuan realtime dan time sharing
Proses operasi lebih cepat
Membutuhkan daya lebih
kecil
Aplikasi lebih luas
Contoh: PDP-1, PDP-8, UNIVAC III, UNIVAC
SS80, UNIVAC 1107, Burroghts 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400
3) Komputer generasi ketiga (
1964 – awal 80-an )
Ciri :
Menggunakan IC ( Integrated
Circuit)
Peningkatan software
Proses pengolahan data
lebih cepat dan akurat
Mempunyai kapasitas memory
lebih besar
Menggunakan penyimpan luar
Daya listrik lebih hemat
Menggunakan multi
processing
Menggunakan visual display
terminal, mampu menampilkan gambar dan grafik
Harga murah
Dapat berkomunikasi antar
komputer
Contoh : IBM s/360, NOVA, UNIVAC 1108, UNIVA
9000, NCR, GE 600. GE 235, CDC 3000, CDC 6000
4) Komputer generasi keempat (
awal 80-an – sekarang )
Ciri :
Berukuran lebih kecil
Harga relative murah
Mecul PC (personal computer)
Terdapat aplikasi yang
semakin lengkap
Menggunakan VLSIC (Very
Large Scale Integrated Circuit)
Menggunakan chip yang
bernama microprocessor
Contoh : mikro altari MITS, Cray-I, Apple II,
Radio Shack, Commodore, Desktop computer Xerox, IBM PC/XT, IBM PC/AT,
Machintosh, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486, Pentium, AMD KD 36
5) Komputer generasi kelima (
computer masa depan )
Dalam pengembangan oleh Negara Jepang
Mengunakan VLSI (Very Large Scale Interation)
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI
Contoh penerapan dibidang :
Perusahaan : ERP (Enterprise Resource
Planning)
Bisnis : E-Commerce
Perbankan : E-Banking
Pendidikan : E-Learning
Kesehatan : Smart Card
DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI
Cybercrime : kejahantan atau tindakana yang
melawan hukum yang dilakukan oleh seseorang dengan mengguanakan sarana computer
Aktivitas kejahatan dalam jaringan internet :
Hacking : usaha memasuki sebuah jaringan
dengan maksud mengekploitasi stau mencari kelemahan system jaringan
Cracking : usaha memasuki secara illegal
sebuah jaringan dengan maksud mencari, mengubah atau menghacurkan file atau
data yang disimpan dalam computer pada suatu jaringan
MENGAKTIFKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER
Prosedur yang benar menghidupkan computer
1. Menyalakan
stabilizer
2. Menyalakan
power pada Chassing / CPU
3. Menyalakan
power pada monitor
4. Menunggu
computer loading system operasi (missal Windows)
5. Tunggu
beberapa saat sampai keluar tampilan desktop di monitor
Prosedur yang benar mematikan computer
1. Klik
tombol start
2. Pilih
shut down atau turn off
3. Klik OK
4. Tunggu
beberapa saat sampai computer mati
5. Matikan
tombol off pada monitor dan stabilizer
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat keras dibangi menjadi
1. Perangkat
masukan (input device)
a. Keyboard
b. Mouse
c. Joystick
d. Scanner
e. Digital
camera
f. Microphone
g. Webcam
2. Perangkat
proses (process device)
a. Motherboard / Mainboard
b. CPU / Microprocessor : ALU:
aritmetic logical unit, CU:control unit, MU:memory unit
3. Perangkat
simpan (storage device)
a. Primary storage : ROM, RAM
b. Secondary storage :
harddisk, disket, UFD, CD/DVD
4. Perangkat
keluaran (output device)
a. Monitor
b. Printer
5. Perangkat
tambahan (peripheral) : TV turner, card reader, modem
PERANGKAT LUNAK
Penggolongan perangkat lunak
1. Sistem
Operasi
a. Basis teks (CLI: Command
Line Interface) : MS-DOS, UNIX
b. Basis grafis (GUI:Graphic
Unit Interface) : Microsoft Windows, macintosh, Linux
2. Program
Utility
a. File Viewer : ACDSee, Adobe
Reader
b. Sytem Utulity : program
Scandisk, hardware monitor, file compression, security program (antivirus, anti
spyware, firewall, password generator)
3. Bahasa
Pemprograman : FORTRAN, COBOL. PASCAL, BASIC, C++, dsb…
4. Program
Aplikasi
a. Program pengolah kata
b. Program pengolah angka
c. Program presentasi
d. Program multimedia
Komentar